Thursday, January 12, 2012

TIPS SEHAT BUAT PARA PEROKOK BERAT


Memang sulit banget buat berhenti ngerokok, kecuali emang niat atau emang udah kena penyakit parah gara2 rokok, ngeorokok ya ngerokok, tapi tetap jaga kesehatan & stamina.

Perokok bukannya harus tidak sehat, sekurang-kurangnya tidak gampang sakit…


Nih ada sedikit tips-tips buat teman2 yg perokok berat termasuk saya.. ;)

1. Tetap olah raga, tapi bukan olahraga berat
2. Istirahat yg cukup..(kurangi Begadang, kalo gak buat urusan yg penting2)
3. Jangan segera merokok ketika baru bangun tidur, dan menjelang tidur
4. Merokok yang bijak…
• tidak di dalam ruangan
• tidak di tidak wanita hamil & anak-anak
• tidak pada saat bekerja
• tidak di mantan perokok
5. keputusan kapan waktunya merokok, hendaklah berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan (Keinginan tidak mengenal batasan berapa kali merokok dlm 1 hari, sedangkan kebutuhan merokok bisa diatur pada waktu-2 tertentu saja, misal, stlh makan, ketika nongkrong di wc, ketika sedang sendirian, dll)
6. Berhenti sementara, ketika badan tidak sehat, terutama batuk pilek, ketika capek, dada sesak, nafas tersengal, ngos-ngosan.
7. Banyak minum air putih, dan jangan minum teh atau kopi ketika merokok, sebab kandungan kafein dapat meningkatkan kadar CO2 dalam paru-paru. Anda dapat menggantinya dengan minuman yang dapat menetralisir racun yang dibawa rokok, seperti jus buah segar atau susu.
8. mengkonsumsi tiap hari :
• Vitamin C. 250 hingga 1000 miligram per hari. Kecukupan Gizi yang dianjurkan untuk vitamin ini :
60 miligram ( jeruk, brokoli, semangka, cabai merah, buah kiwi, dan stroberi),
• Vitamin E. 100 hingga 400 IU per hari. Kecukupan Gizi yang dianjurkan untuk vitamin ini adalah setara dengan 10 miligram alfatokoferol atau 15 IU ( minyak sayur, kecambah dan mangga).
• Beta karoten, 15 hingga 30 miligram per hari. kecukupan Gizi yang dianjurkan untuk ini belum ada (jeruk kuning dan buah-buahan berwarna hijau tua dan sayuran seperti wortel, ubi squash selain bayam dan sayuran berdaun hijau lain).

Semoga bermanfaat ... salam BANDIT !!!

0 KOMENTAR:

Post a Comment